• Emping Garut Goreng
Keripik Gadung

Keripik Gadung

       Gadung atau (Dioscorea hispida Dennst). sebenarnya merupakan bahan makanan yang sudah umum dikenal oleh masyarakat Indonesia. Lebih dari itu makanan sebenarnya telah dikonsumsi oleh bangsa Indonesia Pemderitaan kompilasi dijajah oleh pemerintah kolonial Belanda. Saat itu, karena beras untuk nasi sulit didapat. Maka umbi gadung menjadi salah satu pilihan untuk makanan pokoknya. Hanya saja, dengan berjalannya waktu, makanan atau olahan dari umbi gadung ini sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Padahal umbi gadung, selain bisa dikonsumsi dengan direbus. Juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan keripik gadung, yang cita rasanya sangat khas. Kendala utama yang sering dikeluhkan adalah pengolahan umbi gadung ini dirasa cukup susah.Sebab pada umbi gadung memang terkandung bahan yang ditangkap (golongan Sianida).

Umbi Gadung

     Dimana jika tidak bisa mengolahnya atau salah mengolah maka bisa berakibat fatal. Lebih rumit harus diolah dengan benar, namun jika makannya berlebihan bisa menimbulkan efek bebas. Mabuk gadung, jadi masyarakat Jawa diterima. Dengan kesulitan yang ditemui di atas, gadung ini gagal diabaikan. Padahal gadung yang diolah sebagai keripik gadung sebenarnya merupakan jajanan yang cukup potensial untuk dikembangkan. Bahan bakunya melimpah, olahannya cukup langka ditemui namun cita rasanya khas. Keripik gadung sendiri adalah jajanan atau makanan ringan yang dibuat dari umbi gadung yang diiris tipis-tipis, kemudian dijemur sampai kering. Selanjutnya, digoreng setelah dibumbui.

Cara untuk menghilangkan racun umbi gadung yang akan dibuat keripik :

– Mula-mula umbi gadung dikupas kulitnya, lalu disimpan sampai benar-benar bersih.
– Setelah itu umbi gadung diiris tipis-tipis.
– Untuk menghilangkan kandungan racun, umbi gadung yang telah diiris tipis ini lalu dilumuri dengan abu kayu
– Lalu dijemur di bawah terik matahari.
– Setelah cukup kering, irisan gadung diangkat, lalu masukkan bersih dengan air yang ditempatkan dalam jumlah banyak.
– Langkah selanjutnya adalah irisan gadung dijemur lagi hingga benar-benar kering.
– Saat irisan kering, berarti gadung telah siap digoreng sebagai keripik gadung.
– Untuk menambah cita rasa biasanya atau bisa dibumbui dengan bawang putih sehingga beraroma harum dan terasa gurih asin yang khas.

Meskipun Umbi Gadung membahas tentang cara mengelola, ada banyak manfaat dan kegunaannya untuk perawatan berbagai penyakit yang dapat diolah, antara lain:

  • Kencing manis.
  • Nyeri empedu.
  • Nyeri diserbu.
  • Radang kandung empedu.
  • Rematik (nyeri persendian).
  • Kapalan (obat luar).

Gadung mempunya khasiat sebagai komposisi: antispasmodik, Anti-formasi, Anti-inflamasi, Chologogue, estrogenik, Hipokolesterolemia

Leave comment